free counters

Sabtu, 06 November 2010

Warga Pinggiran Sungai Code Mengungsi



Ketinggian air Sungai Code di Yogyakarta, sejak Sabtu (6/11) petang, terus naik dan hampir rata dengan jembatan serta tanggul pembatas sungai. Bahkan, di sejumlah tempat, seperti kawasan Ledok Kotabaru, air sudah mulai masuk ke rumah-rumah warga. Sebagian warga yang rumahnya sudah tergenang memilih mengungsikan ibu-ibu dan anak-anak ke tempat lebih aman Sejak letusan Gunung Merapi kemarin, setiap terjadi hujan di sekitar lereng gunung tersebut, sungai-sungai yang melintas di kawasan Kota Yogyakarta banjir lahar dingin. Selain lumpur pekat, banjir juga membawa pasir dan bebatuan sisa letusan Merapi.
 
Untuk mengantisipasi meluapnya Sungai Code akibat banjir lahar dingin, Pemerintah Provinsi Yogyakarta akan mengeruk dasar sungai tersebut. Pasalnya, dasar sungai sudah dangkal akibat dipenuhi lahar dingin dingin Gunung Merapi sejak Kamis silam. Lantaran itu, Pemprov Yogyakarta telah berkoordinasi dengan Wali Kota Yogyakarta dan muspida setempat, Sabtu (6/11).

Hingga ahkir ini, air di Sungai Code hampir meluap. Karena itu, warga diminta tetap waspada dan bila perlu mengungsi ke tempat lebih tinggi. Sebab, hujan deras terus mengguyur sehingga bisa mengakibatkan banjir yang terjadi secara tiba-tiba.
 

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More