free counters

Jumat, 26 November 2010

Ubur-Ubur Angkasa Ditemukan NASA

Keanehan di luar angkasa memang sudah banyak seperti Embrio Bayi Matahari dan mungkin saja masih ada banyak lainnya. Kali ini NASA berhasil menemukan objek aneh di angkasa kita berupa seperti ubur-ubur, Teleskop NASA berhasil menemukan nebula menyerupai ‘ubur-ubur’. Nebula ini dikelilingi gas dan dua cincin tak biasa.

Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) NASA menemukan sebuah objek yang dikenal sebagai NGC 1514 atau nebula Bola Kristal. “Saya teringat pameran ubur-ubur di Monterey Bay Aquarium, kalau ubur-ubur mengambang di air, temuan ini mengambang di luar angkasa,” ungkap dari peneliti utama misi WISE Edward Wright di UCLA, bisa saja ya kalau kita bilang objek itu seperti ubur-ubur angkasa.
Cahaya ultraviolet bintang ini (NGC 1514) menyebabkan gas di sekitarnya berpendar dalam cahaya berwarna-warni. Hasilnya sangat menakjubkan, planet nebula terkadang disebut sebagai kupu-kupu luar angkasa.
Planet nebula bercincin asimetris gas nebula adalah hal biasa, namun cincin ganda simetris di sekitar NGC 1514 belum pernah dilihat sebelumnya. Astronom mengatakan cincin itu terbuat dari debu pasangan bintang mati di pusat NGC 1514.
Menurut NASA, ledakan debu itu bertabrakan dengan dinding rongga yang telah dibersihkan angin bintang, kemudian membentuk cincin. WISE dapat menemukan cincin itu untuk pertama kalinya karena debu mereka bersinar dengan cahaya inframerah yang dapat dideteksi WISE.
Dalam gambar cahaya, cincin itu tersembunyi dari pandangan, dikalahkan pendar awan gas cerah. “Objek semacam ini telah dipelajari selama lebih dari 200 tahun, tapi WISE menunjukkan kepada kita masih terdapat kejutan-kejutan di sana,” ungkapan dari Michael Ressler, adalah anggota tim sains WISE di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California.
Berikut di bawah ini kita lihat seperti apa sih tangkapan teleskop NASA yang menangkap objek seperti Ubur-ubur angkasa.
foto ubur-ubur angkasa
Memang masih sangat banyak rahasia di angkasa yang belum bisa kita temui, ya salah satu nya foto Ubur-ubur angkasa ini yang berhasil di tangkap oleh teleskop NASA.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More