free counters

Sabtu, 06 November 2010

Masker Yang Cocok di Kawasan Merapi


Liputan6.com, Sleman: Semburan abu vulkanik dari Merapi berbahaya bagi kesehatan. Dan penggunaan masker menjadi satu pilihan tepat melindungi diri dari efek abu vulkanik. Namun tak semua masker mampu menangkal masuknya bahan material vulkanik tersebut.

Dalam kasus letusan Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, masker seharusnya berfungsi mengurangi risiko akut seperti iritasi mata dan pernapasan, batuk, dan infeksi. Harga masker yang memiliki filter berupa saringan racun tergolong mahal. Pelindung mulut dan hidung ini dijual seharga Rp 75 ribu hingga Rp 85 ribu.

Berbeda dengan harga masker medis berwarna hijau yang dijual Rp 800 per lembar. Masker jenis ini berfungsi cuma untuk dipakai saat melakukan tindakan medis ringan. Setelah tahu manfaat yang dimiliki masker, rasanya sangat tepat jika mulai mengenyampingkan harga jika ingin menyumbangkan masker bagi warga Yogyakarta.

Sejak Merapi meletus pada 26 Oktober silam, penjualan masker selama dua pekan terakhir melonjak. Beberapa pedagang di Jakarta menjelaskan, penjualan masker meningkat dan bahkan mencapai hingga hampir 50 kali lipat dari biasa.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More